Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap - e-Modul Pembelajaran Matematika Umum Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA

e-Modul Pembelajaran Matematika Umum Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA  - Hai adik adik yang baik, pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai modul atau materi untuk pembelajaran Matematika umum yang dikhususkan untuk adik adik yang duduk dibangku SMA yaitu kelas X, kelas XI dan kelas XII. Dengan adanya modul pembelajaran ini semoga bisa membantu ibuy Bapak Guru. Semangat!!!

Modul termasuk salah satu hal penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Modul sedikit berbeda dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dimana akan bernilai sangat baik jika guru yang mengajar, merancang atau menyusun langsung RPP yang akan digunakan. Sedagkan modul, masih baik jika kita menggunkan modul yang disusun oleh orang lain, selama modul yang disusun sudah kita pelajari dan kita anggap cocok untuk anak didik.
e-Modul Pembelajaran Matematika Umum Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA
 e-Modul Pembelajaran Matematika Umum Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA


-Modul Pembelajaran Matematika Umum Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA  - Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. Modul minimal memuat tujuan pembelajaran, materi/substansi belajar, dan evaluasi.

Penulisan modul bertujuan :
  1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal.
  2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik siswa atau peserta diklat maupun guru/instruktur.
  3. Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi, seperti :
  4. Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi siswa atau peserta diklat;
  5. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
  6. Memungkinkan siswa atau peserta diklat belajar mandiri sesuai kemampuan dan
  7. minatnya.
  8. Memungkinkan siswa atau peserta diklat dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri
  9. hasil belajarnya.
Matematika adalah suatu bentuk aktivitas manusia “(mathematic as a human activity)”. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dinilai sangat memegang peranan rasional, kritis, cermat, efektif, dan efisien. Oleh karena itu, pengetahuan matematika harus dikuasai sedini mungkin oleh siswa (Nadar, 2016:266).

Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi (PT). Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peranan matematika dalam dunia pendidikan sekarang ini. Pentingnya peranan matematika juga terlihat pada pengaruhnya terhadap mata pelajaran lain. Contohnya mata pelajaran geografi, fisika, dan kimia. Dalam mata pelajaran geografi, konsep-konsep matematika digunakan untuk skala atau perbandingan untuk membuat peta. Sedangkan dalam fisika dan kimia konsep-konsep matematika digunakan untuk mempermudah penamaan rumus-rumus yang dipelajari (Karim, 2011: 21).

Berdasarkan pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang mempunyai peran yang cukup besar dalam kehidupan manusia terkhusus dalam dunia pendidikan sehingga matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi untuk membantu peserta didik agar memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dengan kritis, cermat, efektif, dan efesien.

Dalam NCTM (National Council of Theacher of Mathematics,AS) 2000 (Nadar, 2016:266), disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan dasar matematika yang merupakan standar yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning andproof), komunikasi (communication), koneksi (connetion), representasi (representation). Dengan mengacu pada lima standar kemampuan NCTM diatas, maka dalam tujuan pembelajaran matematika yang ditetapkan dalam Kurikulum 2006 yang dikeluarkan Depdiknas pada hakekatnya meliputi (1) koneksi antar konsep dalam matematika dan penggunaannya dalam memecahkan masalah, (2) penalaran, (3) pemecahan masalah, (4) komunikasi dan representasi, dan (5) faktor afektif.

Kline  (E.T.Ruseffendi,  2006:28)  dalam  bukunya  mengatakan, bahwa matematika itu bukanlah pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi, dan alam. Menurut De Walle (2008: 47), prinsip belajar matematika menurut NCTM (National Council of Theacher of Mathematics,AS) adalah siswa harus belajar dengan pemahaman, secara aktif membangun pengetahuan baru dari pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya.

Modul Pembelajaran Matematika Umum

Ini merupakan kumpulan Modul Pembelajaran Matematika Umum yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bisa didownload dengan gratis pada link dibawah ini :

Modul Pembelajaran Matematika Umum Kelas 10

1KD 3.1: Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel.pdfDownload
2KD 3.2: Pertidaksamaan Rasional dan Irasioanl Satu Variabel.pdfDownload
3KD 3.3: Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.pdfDownload
4KD 3.4: Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel.pdfDownload
5KD 3.5: Relasi dan Fungsi.pdfDownload
6KD 3.6: Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers.pdfDownload
7KD 3.7: Rasio Trigonometri.pdfDownload
8KD 3.8: Sudut-sudut Berelasi.pdfDownload
9KD 3.9: Aturan Sinus, Cosinus dan Luas Segitiga.pdfDownload
10KD 3.9: Grafik Fungsi Trigonometri.pdfDownload

Ini merupakan kumpulan Modul Pembelajaran Matematika Umum Yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bisa didownload dengan gratis pada link dibawah ini :

Modul Pembelajaran Matematika Umum  Kelas 11

1KD 3.1: Induksi Matematika.pdfDownload
2KD 3.2: Program Linear.pdfDownload
3KD 3.3: Matriks.pdfDownload
4KD 3.4: Determinan dan Invers Matriks.pdfDownload
5KD 3.5: Transformasi Geometri.pdfDownload
6KD 3.6: Barisan dan Deret.pdfDownload
7KD 3.7: Limit Fungsi Aljabar.pdfDownload
8KD 3.8: Turunan Fungsi Aljabar.pdfDownload
9KD 3.9: Aplikasi Turunan Fungsi Aljabar.pdfDownload
10KD 3.9: Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar.pdfDownload

Ini merupakan kumpulan Modul Pembelajaran Matematika Umum yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bisa didownload dengan gratis pada link dibawah ini :

Modul Pembelajaran Matematika Umum Kelas 12

1KD 3.1: Jarak Dalam Ruang Bidang Datar.pdfDownload
2KD 3.2: Statistika.pdfDownload
3KD 3.3: Kaidah Pencacahan.pdfDownload
4KD 3.4: Teori Peluang.pdfDownload

-Modul Pembelajaran Matematika Umum Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA  - Semoga dengan Kumpulan Modul Geografi ini bisa memberikan guna untuk memudahkan Ibu Bapak Guru atau siswa dan siswi dalam menilik setiap materi pembelajaran yang telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selamat belajar dan berkarya semoga sukses. Jangan lupa komentar dan saran dibawah ini. Jika ingin menghubungi saya bisa lewat Sosial media dan kontak pesan email.

Baca Juga yang sejenis
Pencarian yang paling banyak dicari 
  • modul Matematika Umum kelas 11
  • download buku Matematika Umum kelas 10
  • materi Matematika Umum kelas 10 semester 2 k13
  • kunci jawaban lks Matematika Umum kelas 10 semester 1 kurikulum 2013
  • modul Matematika Umum sd
  • buku Matematika Umum kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2021
  • materi Matematika Umum kelas 12
  • kunci jawaban lks Matematika Umum kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
  • revisi 2020, revisi 2021, revisi 2022, revisi 2023