Lengkap - Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar Mapel Ekonomi Kelas 10 SMA/MA
Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar Mapel Ekonomi Kelas 10 SMA/MA - Adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan baik baik saja. Nah pada kesempatan ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai soal pilihan ganda yang berjumlah dua bagian beserta dengan kunci jawaban. Soal ini diambil dari materi tentang Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar Kelas 10 SMA/MA. Selamat mengerjakan yah.
Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar Mapel Ekonomi Kelas 10 SMA/MA |
Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar Mapel Ekonomi Kelas 10 SMA/MA
Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar Mapel Ekonomi Kelas 10 SMA/MA - Bagi sahabat rumpunnews dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar Mapel Ekonomi Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar Mapel Ekonomi Kelas 10 SMA/MA SELAMAT MENGUNDUH YAA..
Berikut rumpunnews memberikan Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar Mapel Ekonomi Kelas 10 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Pilihlah jawaban yang tepat !
Pilihan ganda
1. Permintaan absolut adalah .…
A. Jumlah keseluruhan barang dan jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga
B. Permintaan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut
C. Permintaan terhadap suatu barang yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.
D. Jumlah keseluruhan barang yang akan dijual
E. Keinginan konsumen untuk membayar barang atau jasa
2. Permintaan potensial adalah .…
A. Jumlah keseluruhan barang dan jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga
B. Permintaan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut
C. Permintaan terhadap suatu barang yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.
D. Permintaan terhadap suatu barang / jasa yang disertai daya beli / kemampuan, tapi tidak dilaksanakan
E. Keinginan konsumen untuk membayar barang atau jasa
- Materi Permintaan
- Materi Penawaran
- Materi Keseimbangan Pasar
- Materi Elastisitas Harga
- Materi Stuktur Pasar
- Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar
3. Keadaan suatu pasar barang X sebagai berikut.
A. Qd = -2P + 100
B. Qd = ½ P + 100
C. Qd = -2P – 100
D. Qd = 2P + 100
E. Qd = 20P + 90
4. Fungsi permintaan tas dirumuskan Qd = 1.000 -2P. Jika permintaannya 600, harga tas tersebut adalah .…
A. 200
B. 210
C. 220
D. 240
E. 250
5. Jika fungsi permintaan dilambangkan dengan fungsi Q = 12 - 2P dan fungsi penawaran dilambangkan dengan Q = 3P – 8 maka P dan Q pada saat keseimbangan adalah ….
A. P = 4 dan Q = 2
B. P = 5 dan Q = 2
C. P = 5 dan Q = 2
D. P = 3 dan Q = 4
E. P = 4 dan Q = 4
6. Pasar di mana harga ditentukan oleh mekanisme penawaran dan permintaan adalah salah satu ciri dari pasar ....
A. Persaingan sempurna
B. Monopoli
C. Tidak sempurna
D. Monopolistik
E. Sempurna monopolistik
7. Barang dan jasa yang dijual adalah homogen dan tidak dapat dibedakan adalah salah satu ciri dari pasar .…
A. Oligopoli
B. Monopoli
C. Persaingan sempurna
D. Monopolistik
E. Duopoli
8. Indosat dan Telkomsel adalah beberapa perusahaan yang menguasai industri telekomunikasi di Indonesia. Situasi pasar yang terjadi adalah pasar ....
A. Oligopoli
B. Monopoli
C. Persaingan sempurna
D. Monopolistik
E. Duopoli
9. Promosi melalui iklan dilakukan secara terus menerus untuk produsen yang menghasilkan barang-barang dengan jenis dan corak yang berbeda dengan maksud untuk menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Untuk itu perusahaan harus mengalokasikan dana yang cukup besar untuk biaya produksi. Biasanya dalam jenis pasar ini ada beberapa saja produsen yang memiiki modal besar. Ciri-ciri ini ada pada pasar ….
A. Oligopoli
B. Monopoli
C. Persaingan sempurna
D. Monopolistik
E. Duopoli
10. Pernyataan yang benar mengenai kebaikan pasar oligopoly ….
A. Sering melakukan kesepakatan harga, sehingga mereka dapat menentukan harga sendiri
B. Karena ada beberapa perusahaan pesaing, maka pelayanan relatif memuaskan
C. Adanya kemampuan produsen untuk mempengaruhi harga
D. Harga relatif murah
E. Terdapat banyak hambatan untuk memasuki pasar
11. Perhatikan gambar air mineral berikut:
Kalau kita amati sebenarnya produk air mineral dalam kemasan (AMDK) boleh dikatakan relatif homogen, tetapi karena adanya berbagai merk dan cara promosi yang berbeda-beda maka dalam versi konsumen produk air mineral menjadi dapat dibedakan (dalam hal merk, imej ataupun kualitas). Akibatnya walaupun produsen air mineral atau air minum dalam kemasan jumlahnya cukup banyak, berarti mengandung unsur persaingan, tetapi karena produknya bisa dibedakan (mengandung unsur monopoli), maka ada diantara produsen yang bisa mempengaruhi harga. Jadi produsen air minum dalam kemasan (AMDK) dapat dikatakan sebagai contoh pasar ….
A. Monopoli
B. Persaingan sempurna
C. Persaingan monopolistik
D. Oligopoli
E. Duopoli
- Materi Permintaan
- Materi Penawaran
- Materi Keseimbangan Pasar
- Materi Elastisitas Harga
- Materi Stuktur Pasar
- Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar
12. Suatu pasar dengan banyak penjual yang menawarkan barang yang berbeda-beda, akan tetapi pada pasar ini penjual bisa mendominasi pesaingnya lewat kualitas barang yang lebih baik adalah ciri-ciri dari pasar ….
A. Monopoli
B. Persaingan sempurna
C. Persaingan monopolistik
D. Oligopoli
E. Duopoli
13. Orang Indonesia akhir-akhir ini lebih memilih obat yang bermutu yang kualitasnya lebih baik. Obat generik dan obat-obatan yang murah, walaupun mereknya banyak, tetapi sekarang jarang diminati. Industri obat seperti contoh di atas termasuk ke dalam ciri dari pasar ….
A. Monopoli
B. Persaingan sempurna
C. Persaingan monopolistik
D. Oligopoli
E. Duopoli
14. Adanya kepemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak ekslusif adalah ciri dari pasar ….
A. Monopoli
B. Persaingan sempurna
C. Persaingan monopolistik
D. Oligopoli
E. Duopoli
15. Perhatikan ciri pasar monopoli dan persaingan monopolistik berikut.
1. Adanya hak paten
2. Terdapat banyak pembeli
3. Hanya ada satu orang penjual
4. Terdapat banyak penjual
5. Produsen lain mudah masuk ke dalam pasar
Yang merupakan ciri dari pasar monopoli adalah ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan4
D. 2, 3, dan5
E. 2, 4, dan5
Baca Juga - Materi Penawaran
16. Penawaran minyak pelumas di Jawa dikuasai oleh Pertamina dan Shell.
Maka pasar yang dikuasai oleh dua perusahaan diberi nama ....
A. monopoli
B. monopsoni
C. duopoli
D. duopsoni
E. oligopsoni
17. Produk yang dijual tidak mempunyai barang pengganti (substitusi). Adalah ciri dari pasar ….
A. Monopoli
B. Persaingan sempurna
C. Persaingan monopolistik
D. Oligopoli
E. Duopoli
18. Penawaran suatu barang akan dipengaruhi banyak faktor, yang diantaranya seperti berikut ini, kecuali ….
A. Selera calon konsumen
B. Harga barang lain
C. Biaya produksi
D. Harga bahan baku
E. Kebijakan pemerintah
19. Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran diantaranya.
1) Ekspektasi
2) Biaya produksi
3) Tingkat Pendapatan konsumen
4) Kemajuan teknologi
5) Selera
Yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
20. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, dintaranya.
1) Teknologi
2) Harga barang
3) Biaya produksi
4) Selera konsumen
5) Tingkat pendapatan
Merupakan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran, yaitu ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 2, 4, dan 5
Bagian kedua
1. Diketahui fungsi permintaan Q=100 – 2P Jika P = 25, maka sifat permintaanya adalah....
a. E < 1
b. E = 0
c. E > 1
d. E = 00
2. Penggolongan pasar berdasarkan wujudnya adalah....
a. Pasar konkret dan pasar abstrak
b. Pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, dan pasar tahunan
c. Pasar lokal, pasar regional, pasar nasional, dan pasar internasional
d. Pasar barang produksi dan pasar barang konsumsi
3. Ketika ada salah satu pihak, yaitu penjual atau pembeli yang lebih dominan di dalam pasar berarti pasar tersebut adalah pasar....
a. Sempurna
b. Abstrak
c. Persaingan sempurna
d. Oligopoli
4. Pasar di mana seorang penjual bisa menjual berapa pun produk yang dihasilkannya tanpa memengaruhi kuantitas pasar secara keseluruhan termasuk pada pasar....
a. Abstrak
b. Monopolistik
c. Oligopoli
d. Monopoli
5. Berdasarkan waktu terjadinya, Pekan Raya Jakarta adalah pasar....
a. Harian
b. Mingguan
c. Bulanan
d. Tahunan
6. Bentuk campur tangan pemerintah dalam pasar persaingan sempurna dapat berwujud pemberian subsidi kepada....
a. Perusahaan kecil
b. Perusahaan besar
c. Perusahaan besar dan kecil
d. Konsumen kecil
7. Apabila kurva penawaran bergerser ke kiri, artinya....
a. Harga barang naik
b. Harga barang turun
c. Penawaran menurun
d. Penawaran tetap
8. Isi dari hukum permintaan adalah....
a. Semakin rendah tingkat harga, semakin banyak jumlah barang yang diminta dan sebaliknya
b. Semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya
c. Kenaikan harga sebanding dengan banyaknya jumlah barang yang diminta dan sebaliknya
d. Jumlah permintaan berbanding terbalik dengan tingkat harga
9. Berikut ini faktor-faktor yang memengaruhi permintaan, kecuali....
a. Harga barang itu sendiri
b. Tingkat pendapatan masyarakat
c. Selera masyarakat
d. Kondisi teknologi
10. Struktur pasar yang paling ideal karena dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya....
a. Pasar persaingan sempurna
b. Pasar monopoli
c. Pasar persaingan monopolistik
d. Pasar oligopoli
11. Dimana terdapat banyak penjual dari suatu produk yang terdiferensi dan perusahaan -perusahaan cukup mudah keluar dan masuk ke dalam industri dalam jangka panjang....
a. Pasar persaingan sempurna
b. Pasar monopoli
c. Pasar persaingan monopolistik
d. Pasar oligopoli
12. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna sebagai berikut...
a. Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak.
b. Dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual saja.
c. Barang atau jasa yang dihasilkan hanya dapat dibeli dipasar monopoli dan tidak terdapat ditempat lain.
d. Barang yang diproduksi atau dijual tidak terdapat barang penggantinya.
13. Ciri-Ciri Pasar Monopoli sebagai berikut...
a. Barang yang dijual bersifat homogen.
b. Pembeli maupun penjual bebas untuk keluar masuk pasar.
c. Informasi tentang pasar diketahui dengan sempurna.
d. Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang sesuai harga barang keinginannya
14. Jika kurva permintaan dan kurva penawaran berpotongan pada suatu titik, perpotongan tersebut adalah....
a. Titik temu
b. Titik optimum
c. Titik keseimbangan
d. Titik belok
15. Harga keseimbangan akan terbentuk apabila....
a. Supply = 0
b. Suppy = 1
c. Demand < supply
d. Demand = supply
16. Perubahan harga suatu barang tidak memengaruhi permintaan terhadap barang tersebut, ini artinya koefisien permintaan barang tersebut adalah....
a. Elastis
b. Inelastis
c. Unitary
d. Inelastis sempurna
17. Apabila di pasar terjadi kenaikan tingkat harga barang maka produsen cenderung bersedia menjual lebih banyak barangnya, namun hal ini belum tentu terjadi karena....
a. Produsen tidak dapat menekan biaya produksi
b. Produsen tidak mendapatkan gambaran usaha di masa yang akan datang
c. Jumlah produsen di pasar terlalu banyak
d. Ada berbagai faktor yang memengaruhi hukum penawaran
18. Jika harga turun maka jumlah barang yang diminta bertambah banyak dan hubungan harga dengan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik. Hal tersebut merupakan hukum.....
a. Permintaan dan penawaran
b. Permintaan
c. Penawaran
d. Gossen I
19. Permintaan dalam ilmu ekonomi mengandung pengertian, yaitu....
a. Kesediaan yang disertai kemampuan untuk membeli barang dan jasa
b. Jumlah barang dan jasa yang diminta atau dikonsumsi dengan pendapatan tertentu pada waktu tertentu
c. Jumlah barang dan jasa yang ditawarkan pada suatu pasar serta pada waktu tertentu
d. Jumlah barang dan jasa yang ingin digunakan oleh suatu sentra industri pada waktu tertentu
20. Kurva penawaran dilambangkan dengan notasi....
a. Perubahan harga memengaruhi jumlah barang yang ditawarkan
b. Kenaikan harga diikuti oleh kenaikan jumlah yang ditawarkan
c. Kenaikan harga diikuti oleh jumlah yang ditawarkan
d. Penurunan harga diikuti oleh jumlah yang ditawarkan
21. Jika jumlah permintaan produk barang dan jasa bertambah, maka akan memengaruhi terhadap kurva permintaan, yaitu....
a. Bergeser ke kiri
b. Bergeser ke kanan
c. Bergeser naik
d. Bergeser turun
Kunci Jawaban:
- c. E > 1
- a. Pasar konkret dan pasar abstrak
- d. Oligopoli
- d. Monopoli
- d. Tahunan
- a. Perusahaan kecil
- a. Harga barang naik
- a. Semakin rendah tingkat harga, semakin banyak jumlah barang yang diminta dan sebaliknya
- d. Kondisi teknologi
- a. Pasar persaingan sempurna
- c. Pasar persaingan monopolistik
- a. Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak.
- d. Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang sesuai harga barang keinginannya
- c. Titik keseimbangan
- d. Demand = supply
- d. Inelastis sempurna
- d. Ada berbagai faktor yang memengaruhi hukum penawaran
- b. Permintaan
- b. Jumlah barang dan jasa yang diminta atau dikonsumsi dengan pendapatan tertentu pada waktu tertentu
- b. Kenaikan harga diikuti oleh kenaikan jumlah yang ditawarkan
- b. Bergeser ke kanan
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar Mapel Ekonomi Kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Keseimbangan dan Struktur Pasar File ini dalam Bentuk .word File Size 74Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Baca juga yang sejenis
Pencarian yang paling banyak dicari
- contoh soal essay pasar persaingan sempurna dan jawabannya
- contoh soal struktur pasar
- struktur pasar dan contohnya
- contoh soal pasar monopolistik beserta jawabannya
- perbedaan pasar persaingan sempurna dan pasar monopolistik
- struktur pasar persaingan sempurna
- contoh soal harga keseimbangan dan kurvanya
- pasar persaingan tidak sempurna